3 Makanan Pantangan Rematik Yang Harus Dihindari

3 Makanan Pantangan Rematik Yang Harus Dihindari | www.propolisdiamond.id

Penyakit rematik atau yang juga memiliki istilah medis rheumatoid arthritis merupkan jenis penyakit yang mengakibatkan terjadinya peradangan pada sendi. Pada tingkatan yang kronis, penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan pada jantung. Sendi terasa kaku, panas, dan bengkak merupakan ciri dan gejala awal penyakit rematik. Sebenarnya apa penyebab penyakit rematik? Adakah pantangan makanan yang harus dihindari? Simak penjelasan lengkapnya pada artikel berjudul “3 Makanan Pantangan Rematik Yang Harus Dihindari” berikut ini ya.

Penyebab Rematik, Apa Saja?

Terkadang, seseorang salah mengira bahwa dirinya mengalami penyakit asam urat. Padahal sebenarnya, sedang mengalami penyakit rematik. Hal ini memang kerap tejadi diakibatkan oleh gejala yang ditimbulkan kedua penyakit ini sama. Yaitu nyeri pada persendian.

Sebanrnya, penyakit rematik dan asam urat itu berbeda. Apabila asam urat disebabkan oleh penumpukan dan pengendapan zat purin. Sehingga akan membentuk kristal asam urat yang akan menimbulkan gejala pengapuran sendi. Sedangkan penyakit rematik disebabkan oleh peradangan sendi.

Peradangan sendi yang menyebabkan penyakit rematik ini disebut autoimun. Dimana sistem imunitas yang seharusnya melindungi dan memperbaiki sel-sel tubuh, malah menyerang sel-sel tubuh yang sehat. Hal ini sering terjadi pada persendian. Sampai akhirnya akan mengakibatkan peradangan sendi atau penyakit rematik.

Baca juga: Asam Urat – Gejala, Penyebab, Pengobatan

3 Makanan Pantangan Rematik Yang Harus Dihindari | www.propolisdiamond.id

3 Makanan Pantangan Rematik Yang Harus Dihindari

Tidak jauh berbeda dengan penyakit lainnya. Penyakit rematik juga memiliki beberapa pantangan makanan yang harus Anda hindari untuk mencegah penyakit rematik dan meminimalisir terjadinya komplikasi serius. Berikut ini adalah beberapa pantangan makanan yang harus dihindari untuk mencegah penyakit rematik.

Makanan dengan kandungan lemak tinggi

Jenis makanan yang mengandung lemak tinggi dapat menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol tubuh. Selain itu, makanan seperti gorengan, es krim, yogurt, telur, dan sejenisnya. Bukan berarti tidak boleh memakannya, akan tetapi jangan sampai berlebihan.

Kafein | www.propolisdiamond.id

Kafein

Kopi selalu menjadi teman dalam bekerja, belajar, dan aktivitas yang lain. Kandungan kafein pada kopi akan meningkatkan fokus dan membuat jantung berdebar-debar. Sehingga sering dimanfaatkan untuk pekerjaan berat, pekerjaan yang butuh konsentrasi, juga sebagai penghilang kantuk. Namun, kafein dapat memperburuk gejala reamtik. Oleh sebab itu, sebaiknya tidak diminum terlalu sering. Maksimal diminum satu kali sehari saja.

Baca juga: 5 Gejala Rematik Yang Harus Diwaspadai

Minuman beralkohol | www.propolisdiamond.id

Minuman beralkohol

Selain dapat menimbulkan efek memabukan dan dehidrasi, jenis minuman ini juga bisa memperburuk penyakit rematik. Karena itu, disarankan untuk menjauhi jenis minuman ini.

Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk mengikuti kami juga di Instagram, Facebook, Youtube, dan terus kunjungi website kami “www.propolisdiamond.id” untuk selalu mendapatkan informasi menarik seputar kesehatan setiap harinya. Sebagian gambar dalam artikel ini diambil dari Freepik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *