5 Pantangan Asam Urat Yang Harus Dihindari

5 Pantangan Asam Urat Yang Harus Dihindari | www.propolisdiamond.id

Setiap orang memiliki asam urat dalam tubuhnya. Zat ini memiliki peran dalam proses peregenerasian sel tubuh. Serta berfungsi sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebes. Namun, jika jumlahnya melebihi kadar normal. Dapat menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan. Berikut ini 5 pantangan asam urat yang harus dihindari.

Apa itu Asam Urat?

Asam urat adalah suatu penyakit yang menyebabkan munculnya nyeri sendi. Sebagian besar nyeri sendi ini terjadi pada lokasi sendi tangan dan sendi kaki. Pada etape awal, fenomena tersebut bakal kambuh dengan durasi yang singkat dan pun terbilang jarang. Namun, pada tingkat asam urat yang telah tinggi, fenomena tersebut bakal semakin parah, mengekor kadar asam urat tersebut sendiri.

Baca juga: Cara Obati Flu Dengan Propolis Diamond

Apa Penyebabnya? | www.propolisdiamond.id

Apa Penyebabnya?

Penyakit ini dirangsang oleh menumpuk nya zat purin dalam tubuh. Ketika tubuh memproduksi purin dalam jumlah yang tidak sedikit dan diperbanyak juga dengan konsumsi makanan yang mendandung kadar purin tinggi, maka bakal terjadi pengendapan dan pembentukan plak pada dinding-dinding darah serta pada lokasi sendi tangan dan kaki eksklusif nya.

Daftar 5 Pantangan Asam Urat?

Pada umumnya, sebagian besar penyebab utama asam urat itu karena konsumsi makanan yang mengandung purin secara tidak teratur. Apa sajakah makanan tersebut? Berikut ini 5 pantangan asam urat yang wajib Anda hindari.

Jeroan

Siapa yang doyan makan jeroan? Dibalik rasanya yang menggugah selera Anda. Ternyata memiliki risiko akan terjaidnya asam urat yang cukup tinggi. Sebaiknya mulai hindari olahan jeroan seperti otak, paru-paru, hati, limpa, ginjal, dan babat. Apabila kadar asam urat Anda tinggi.

5 Pantangan Asam Urat Daging | www.propolisdiamond.id

Daging

Tak hanya jeroannya saja, dagingnya pun mengandung kandungan purin yang cukup tinggi. Mulai sekarang kurangilah konsumsi makanan olahan daging kambing, sapi, dan kerbau.

Sayuran | www.propolisdiamond.id

Sayuran

Walaupun sayuran kaya akan serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Khususnya dalam mencegah terjadinya diare atau sembeli. Ternyata beberapa sayuran memiliki kandungan purin yang tinggi. Seperti sayuran kembang kol, bayam, asparagus, buncis, kangkung, daun singkong, dan sebagian besar sayuran yang berwarna hijau.

Buah-buahan

Selain sayuran, beberapa buah-buahan juga memiliki kandungan purin yang lumayan tinggi. Seperti durian, nanas, dan kelapa.

Baca juga: Cara Atasi Kejang Demam Anak Dengan Propolis

Makanan laut | www.propolisdiamond.id

Makanan laut

Olahan seafood atau makanan laut juga menganung kandungan purin yang tinggi. Memang olahan makanan laut terkenal akan rasa dagingnya yang manis. Apalagi jika diolah dan disajikan dalam kondisi segar. Apa saja makanan laut yang mengandung purin tinggi? Hindarilah sajian udang, kepiting, cumi, gurita, sotong, tiram, dan sarden.

Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk mengikuti kami juga di sosial media dan terus kunjungi website kami “www.propolisdiamond.id” untuk selalu mendapatkan informasi menarik seputar kesehatan setiap harinya. Sebagian gambar dalam artikel ini diambil dari Freepik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *