Cara Atasi Keracunan Jengkol Dengan Propolis

Cara Atasi Keracunan Jengkol Dengan Propolis | www.propolisdiamond.id

Indonesia dikenal dengan banyaknya suku bangsa yang ada. Tercatat ada lebih dari 1,300 suku bangsa. Hal ini juga menjadikan Indonesia memiliki keragaman dalam budaya, bahasa, dan kuliner makanan. Salah satu makanan yang sangat digemari bagi sebagian orang di Indonesia adalah olahan jengkol. Salah satu olahan yang paling disukai adalah semur jengkol. Namun, dibalik rasanya yang enak, ternyata mengkonsumsi jengkol dapat mengakibatkan keracunan. Bahaya apakah itu? Simak penjelsanan lengkapnya, beserta cara atasi keracunan jengkol dengan tepat dan cepat.

Kenapa Jengkol Dapat Menyebabkan Terjadinya Keracunan?

Jengkol memiliki kandungan zat yang bernama asam jengkolat. Zat inilah yang menyebabkan keracuanan ketika mengkonsumsi jengkol. Meskipun kasus ini tidak sering terjadi. Namun, kecacunan jengkol dapat berakibat fatal jika tidak segera ditangani dengan benar.

Baca juga: Cara Obati Jantung Koroner Dengan Propolis Diamond

Apa Saja Faktor Yang Dapat Meningkatkan Risiko Terhadap Keracunan Jengkol? | www.propolisdiamond.id

Apa Saja Faktor Yang Dapat Meningkatkan Risiko Terhadap Keracunan Jengkol?

Banyak yang beranggapan bahwa terjadinya keracunan jengkol itu selalu diakibatkan oleh banyaknya konsumsi jengkol. Namun, terdapat beberapa faktor lain yang lebih berisiko. Faktor apa sajakah itu?

Faktor internal | www.propolisdiamond.id

Faktor internal

Ketika makanan dikonsumsi dan masuk kedalam tubuh. Maka, saat itu juga akan terjadi penyaringan inti sari makanan dan hasilnya akan diserap oleh tubuh. Sedangkan sisanya akan dibuang. Bisa dalam bentuk keringat, urine, dan juga feses. Namun, karena beberapa faktor lain, proses penyaringan dan pembuangan ini terhambat. Akibatnya akan terjadi penumpukan zat sisa.

Pada kasus keracunan jengkol ini mirip dengan asam urat. Dimana asam jengkolat yang terdapat pada biji jengkol akan mengendap pada organ tubuh, khususnya ginjal. Apabila tidak segera ditangani, asam jengkolat akan menyumbat saluran kemih. Akibatnya akan terjadi kesulitan ketika buang air kecil.

Tidak memandang usia dan jenis kelamin | www.propolisdiamond.id

Tidak memandang usia dan jenis kelamin

Keracunan jengkol dapat terjadi pada siapapun, tidak ada kaitannya dengan usia dan jenis kelamin. Untuk itu, berhati-hatilah ketika akan mengkonsumsi jengkol. Agar tidak terjadi kasus keracunan jengkol.

Baca juga: Cara Mencegah Virus Corona Dengan Propolis Diamond

Gejala Apa Sajakah Yang Akan Terjadi Ketika Keracunan Jengkol? | www.propolisdiamond.id

Gejala Apa Sajakah Yang Akan Terjadi Ketika Keracunan Jengkol?

Beberapa orang yang menhindari konsumsi jengkol mungkin beralasan karena akan menimbulkan bau tidak sedap. Mulai dari mulut yang bau, napas yang bau, urine yang bau, dan feses yang bau. Selain itu, ada juga gejala lain yang diakibatkan oleh konsumsi jengkol sampai tahap keracunan. Berikut ini beberapa gejala tersebut.

Masalah pada saat buang air kecil | www.propolisdiamond.id

Masalah pada saat buang air kecil

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa keracunan jengkol akan mengakibatkan penyumbatan saluran kemih atau jalur urine. Karena itulah, ketika buang air kecil akan terasa sakit karena adanya penyumbatan tersebut.

Perut akan terasa nyeri | www.propolisdiamond.id

Perut akan terasa nyeri

Karena kandungan asam jengkolat yang diolah tubuh terlalu banyak, maka akan menimbulkan gejala nyeri yang juga disertai dengan mual-mual sampai muntah-muntah.

Baca juga: Cara Obati Asam Urat Dengan Propolis Diamond

Lalu, Bagaimana Cara Atasi Keracunan Jengkol Secara Tepat? | www.propolisdiamond.id

Lalu, Bagaimana Cara Atasi Keracunan Jengkol Secara Tepat?

Terlalu banyak atau berlebihan dalam makan tentu tidaklah baik. Meskipun bukan salah satu faktor risiko terbesar peneybab terjadinya keracunan jengkol. Ada baiknya ketika mengkonsumsi makanan apapun, untuk tidak berlebihan. Namun, jika sudah terjadi keracunan jengkol. Apa yang harus dilakukan?

Banyak minum air | www.propolisdiamond.id

Banyak minum air

Setelah mengkonsumsi olahan jengkol, apabali terjadi keracunan jengkol. Maka, dalam waktu empat jam sampai satu harian akan mulai muncul gejala-gejala seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Cara tepat mengatasi keracunan jengkol adalah dengan banyak minum air. Kenapa demikian? Asam jengkolat akan mengendap pada ginjal dan saluran kemih. Dengan memperbanyak minum air akan mempercepat proses ginjal dalam melarutkan pengendapan asam jengkolat tersebut. Sehingga pengendapan asam jengkolat akan terbuang melalui urine secara optimal.

Periksa ke dokter | www.propolisdiamond.id

Periksa ke dokter

Apabila cara diatas kurang efektif. Dimana gejala keracunan jengkol tidak juga kunjung hilang. Maka, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Karena apabila dibiarkan akan berakibat pada gagal ginjal.

Baca juga: Asam Urat Adalah Penyakit Mematikan?

Konsumsi propolis sebagai peningkat sistem metabolisme tubuh | www.propolisdiamond.id

Konsumsi propolis sebagai peningkat sistem metabolisme tubuh

Terjadinya keracunan jengkol juga karena faktor internal. Dimana sistem tubuh kurang mampu untuk mengolah asam jengkolat. Sehingga terjadi pengendapan. Disarankan agar mulai rutin mengkonsumsi Propolis Diamond Lite 20 setiap hari. Agar sistem metabolisme tubuh menjadi lebih baik dan juga akan meningkatkan daya tahan tubuh.

Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk mengikuti kami juga di sosial media dan terus kunjungi website kami “www.propolisdiamond.id” untuk selalu mendapatkan informasi menarik seputar kesehatan setiap harinya. Sebagian materi dan gambar dalam artikel ini dikutip dan diambil dari halodoc, Freepik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *