Cara Atasi Keracunan Pestisida Dengan Propolis

Cara Atasi Keracunan Pestisida Dengan Propolis | www.propolisdiamond.id

Pestisida atau pembasmi hama adalah suatu campuran zat kimia yang memiliki fungsi untuk melindungi pertanian dari serangan hama seperti tikus, gulma, burung, ikan, dan mikroorganisme yang menurunkan hasil produksi pertanian. Namun, penggunaan pestisida kerap menjadi penyabab terjadinya kasus keracunan pestisida. Apa sajakah gejalanya? Dan bagaimana cara atasi keracunan pestisida? Simak penjelasannya pada artikel berikut ini ya.

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi masalah hama pada pertanian. Namun, penggunaan bahan kimia pestisida dinilai lebih efektif dibandingkan dengan cara yang lain. Walaupun efek jangka panjangnya cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Baca juga: Cara Obati Jantung Koroner Dengan Propolis Diamond

Cara Atasi Keracunan Pestisida Bagaimana Pestisida Bisa Meracuni Manusia? | www.propolisdiamond.id

Bagaimana Pestisida Bisa Meracuni Manusia?

Saslah satu penyebab terjadinya keracunan pestisida adalah karena penggunaan zat kimia ini yang berlebihan. Sehingga ketika panen dan didistribusikan. Pada saat akan dikonsumsi, zat pestisida tersebut masih menempel pada bagian luar buah tersebut.

Gejala Apa Saja Yang Diakibatkan Oleh Keracunan Pestisida?

Umumnya, zat kimia bersifat keras dan sangat tidak disarankan untuk menyentuhnya secara langsung, apalagi menghirupnya. Hal ini juga berlaku pada pestisida. Dimana zat kimia ini disemprotkan secara langsung pada tanaman yang terkadang juga akan terhirup karena terbawa udara. Karena itulah, para petani dianjurkan untuk memakai sarung tangan dan masker wajah untuk melindungi tubuh.

Ketika zat pestisida terhidup, maka akan menyebabkan berbagai gejala terhadap kesehatan tubuh. Tentu saja, bagi petani yang secara langsung menyemprotkam pestisida akan mengalami gejala yang lebih parah jika dibandingkan dengan pengkonsumsi yang mengkonsumsi pestisida setelah hasil pertanian tersebut dibersihkan.

Mengganggu fungsi organ tubuh | www.propolisdiamond.id

Mengganggu fungsi organ tubuh

Efek jangka panjang yang terjadi ketika pestisida masuk kedalam tubuh adalah akan melemahkan dan mengganggu fungsi organ tubuh. Apabila dibiarkan, gejala ini dapat berubah menjadi penyakit yang lebih serius.

Iritasi pada kulit | www.propolisdiamond.id

Iritasi pada kulit

Disarankan untuk menggunakan sarung tangan guna melindungi kulit dari cairan pestisida yang disemprotkan. Lebih baik lagi jika memakai sarung tangan khusus atau yang sedikit tebal.

Masalah pada pernapasan | www.propolisdiamond.id

Masalah pada pernapasan

Selain itu, terkontaminasi pestisida juga dapat menimbulkan efek pada pernapasan. Ketika cairan pestisida yang disemprotkan terhidup kedalam tubuh. Maka, seiring waktu akan mengganggu pernapasan. Yang akhirnya menyebabkan kesulitan bernapas. Oleh sebab itulah disarankan untuk memakai masker wajah ketika menyemprotkan pestisida.

Baca juga: Cara Obati Eksim Dengan Propolis Diamond

Cara Atasi Keracunan Pestisida Lalu, Bagaimana Cara Atasi Keracunan Pestisida? | www.propolisdiamond.id

Lalu, Bagaimana Cara Atasi Keracunan Pestisida?

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah keracunan pestisida dan cara mengatasi ketika sudah keracunan pestisida. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Pertolongan pertama ketika zat pestisida terhidup | www.propolisdiamond.id

Pertolongan pertama ketika zat pestisida terhidup

Jika zat pestisida secara tidak sengaja terhirup dan seketika itu juga terjadi gejala seperti sesak napas. Maka, segeralah hirup udara segar yang jauh dari area penyemprotan pestisida. Hal ini dilakukan untuk menimpa udara yang tercemar dengan pestisida dengan udara segar yang bersih. Namun, jika cara ini tidak efektif, hubungilah petugas kesehatan terdekat.

Pertolongan pertama ketika zat pestisida mengenai kulit | www.propolisdiamond.id

Pertolongan pertama ketika zat pestisida mengenai kulit

Sedangkan jika zat pestisida mengenai kulit, maka lepaskanlah pakaian atau benda yang melekat pada kulit dan segera bersihkan dengan air, minimal 10 menit. Namun, jika cara ini tidak efektif, segera periksakan ke dokter terdekat.

Cuci makanan sampai benar-benar bersih | www.propolisdiamond.id

Cuci makanan sampai benar-benar bersih

Sebagai langkah pencegahan, sebelum mulai mengkonsumsi buah atau sayuran, cucilah sampai benar-benar bersih terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk memastikan sudah tidak ada sisa pestisida yang menempel pada buah dan sayur tersebut. Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakanlah baking soda. Karena dikatakan lebih efektif dalam membersihkan sisa pestisida.

Konsumsi propolis sebagai peningkat daya tahan tubuh terhadap paparan pestisida | www.propolisdiamond.id

Konsumsi propolis sebagai peningkat daya tahan tubuh terhadap paparan pestisida

Disarankan juga untuk mengkonsumsi Propolis Diamond Lite 20 setiap harinya. Selain dapat mengatasi berbagai keluhan penyakit seperti asam urat, kolesterol, maag, hipertensi, gagal ginjal, dan juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang akan membentengi dan memperkuat tubuh dari kontaminasi zat pestisida. Minumlah Propolis Diamond Lite 20 minimal dua kali sehari dengan dosis lima tetes yang dicampur dengan air hangat.

Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk mengikuti kami juga di sosial media dan terus kunjungi website kami “www.propolisdiamond.id” untuk selalu mendapatkan informasi menarik seputar kesehatan setiap harinya. Sebagian materi dan gambar dalam artikel ini dikutip dan diambil dari Alodokter, Freepik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *