Cara Mengatasi Maag Paling Ampuh Bisa Dilakukan Di Rumah

Ketika perut terasa nyeri, biasanya orang-orang mendefinisikannya sebagai gejala dari penyakit maag. Benarkah demikian? Penyakit maag atau juga yang biasa disebut dispepsia ini terjadi akibat adanya luka terbuka pada lambung, atau bisa juga karena efek samping minum obat jenis antiaflimasi nonsteroid (pereda nyeri). Bagaimanakah cara mengatasi maag? Berikut penjelasan lengkapnya ya.

Cara Mengatasi Maag Paling Ampuh Bisa Dilakukan Di Rumah

Penyebab Maag, Apa Saja?

Siapapun dapat mengalami penyakit maag. Baik pria maupun wanita, baik usia muda ataupun dewasa. Namun, ada sejumlah faktor yang dapat menyebabkan meningkatnya risiko terkena penyakit maag. Apa sajakah itu? Berikut uraiannya ya.

  • Kebiasaan merokok
  • Minum minuman beralkohol
  • Berlebihan dalam makan makanan pedas
  • Sering makan makanan panas
  • Peradangan lambung

Lebih dari 150,000 kasus penyakit maag terjadi di Indonesia setiap tahunnya. Meskipun bukan termasuk jenis penyakit yang berbahaya. Namun, jika dibiarkan bisa memicu munculnya masalah yang lain. Seperti pendarahan, dan luka serius pada lambung.

Baca juga: Cara Menghindari Penyakit Maag Ternyata Begini

Lalu, Bagaimanakah Cara Mengatasi Maag?

Lalu, Bagaimanakah Cara Mengatasi Maag?

Pada dasarnya, penyakit maag itu bukanlah termasuk kedalam jenis penyakit yang sulit diobati. Dengan menerapkan gaya hidup sehat, sebenarnya sudah cukup untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit maag. Bagaimana cara mengobati maag? Berikut ini uraiannya.

Tidak telat makan

Sangat penting untuk memperhatikan pola makan. Pastikan untuk tidak pernah telat makan. Sebab, kebiasaan ini bisa memicu timbulnya penyakit maag.

Makan makanan bergizi seimbang

Makan makanan bergizi seimbang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Hindarilah jenis makanan yang berlemak tinggi, makanan panas, dan makanan pedas. Sebab, konsumsi dalam porsi yang berlebihan dapat mengakibatkan terjadinya peradangan lambung yang akan memicu maag. Banyak-banyaklah makan makanan yang berserat. Selain mudah dicerna oleh tubuh, jenis makan dengan serat tinggi juga kaya akan gizi.

Hindari kebiasaan minum ditengah waktu makan

Kebiasaan minum ditengah waktu makan bisa mengganggu sistem pencernaan. Efeknya dapat mengakibatkan naiknya asam lambung ke kerongkongan. Jika terus terjadi, hal ini bisa memicu terjadinya penyakit maag.

Baca juga: Tanda Gejala Penyakit Maag Yang Perlu Diketahui

Obat Maag

Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk mengikuti kami juga di Instagram, Facebook, Youtube, dan terus kunjungi website kami “www.propolisdiamond.id” untuk selalu mendapatkan informasi menarik seputar kesehatan setiap harinya. Sebagian gambar dalam artikel ini diambil dari Freepik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *