Faktor Penyebab Rematik Dan Cara Mencegahnya

Autoimun merupakan kondisi dimana sistem imunitas tubuh yang seharusnya melindungi tubuh, justru menyerang sel-sel sehat. Situasi ini sering terjadi pada area persendian. Sehingga akan menyebabkan peradangan yang biasa disebut sebagai penyakit rematik. Sebenarnya, apa faktor penyebab rematik? Berikut penjelasan lengkapnya ya.

Faktor Penyebab Rematik Dan Cara Mencegahnya | www.propolisdiamond.id

Peradangan rematik atau yang juga memiliki istilah remathoid arthritis ini sering terjadi pada persendian tangan dan kaki. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja. Namun, pada sebagian besar kasus. Seseorang yang berusia lanjut memiliki risiko lebih besar dibanding dengan kalangan muda.

Gejala Rematik, Apa Saja?

Rusaknya membran sel yang melindungi persendian akan mengakibatkan gejala-gejala penyakit rematik. Tingkat keparahannya bisa berbeda pada setiap kasus. Berikut ini beberapa gejala penyakit rematik.

Sendi terasa kaku

Yang pertama, penyakit rematik akan mengakibatkan sendi terasa kaku ketika digerakan. Seiring waktu, gejalanya bisa bertambah parah apabila tidak dilakukan pengobatan atau penanganan.

Rasa sakit pada persendian

Pada tingkatan yang lebih parah, penyakit rematik bisa mengakibatkan gejala nyeri sendi. Untuk meredanya, bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat pereda rasa nyeri.

Baca juga: Faktor Risiko Asam Urat Yang Perlu Anda Ketahui

Faktor Penyebab Rematik, Apa Saja? | www.propolisdiamond.id

Faktor Penyebab Rematik, Apa Saja?

Walaupun tidak tergolong kedalam jenis penyakit yang berbahaya. Namun, pada kondisi yang serius. Penyakit rematik bisa mengakibatkan terjadinya komplikasi masalah pada kesehatan jantung. Sebenarnya, apa saja faktor risiko penyebab terjadinya penyakit rematik? Berikut uraiannya.

Usia lanjut

Seseorang yang mengidap penyakit rematik, umumnya berusia diatas tiga puluh tahun keatas. Namun, penyakit ini juga bisa terjadi pada usia remaja. Biasanya disebabkan karena faktor genetik juga.

Gaya hidup tidak sehat

Selain itu, penyakit rematik juga dipengaruhi oleh faktor gaya hidup yang kurang sehat. Seseorang yang jarang olahraga lebih berisiko tinggi terkena penyakit rematik. Bukan hanya itu, gaya hidup sehat juga meliputi pola makan bergizi tidak seimbang, kurang tidur, banyak pikiran, dan sebagainya.

Lalu, Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Rematik? | www.propolisdiamond.id

Lalu, Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Rematik?

Dengan penanganan yang tepat, penyakit rematik bisa dengan mudah diobati. Sehingga risiko terjadinya komplikasi masalah pada jantung bisa dihindari. Bagaimana cara mencegahnya? Berikut ini beberapa untuk mencegah timbulnya penyakit rematik.

  • Olahraga secara rutin
  • Menjaga pola makan bergizi seimbang
  • Hindari makanan berlemak tinggi
  • Kurangi begadang
  • Hindari beban pikiran
  • Jangan duduk terlalu lama.

Baca juga: 5 Makanan Pantangan Rematik Yang Harus Dihindari

Propolis New Zaeland | www.propolisdiamond.id

Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk mengikuti kami juga di Instagram, Facebook, Youtube, dan terus kunjungi website kami “www.propolisdiamond.id” untuk selalu mendapatkan informasi menarik seputar kesehatan setiap harinya. Sebagian gambar dalam artikel ini diambil dari Freepik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *