Faktor Risiko Asam Urat Yang Perlu Anda Ketahui

Faktor Risiko Asam Urat Yang Perlu Anda Ketahui | www.propolisdiamond.id

Asam urat atau yang dalam bahasa inggris disebut uric acid merupakan sautu penyakit yang disebabkan karena tubuh kelebihan zat purin. Lebih tepatnya, terjadi pengendapan zat purin yang seharusnya dihancurkan dan dibuang. Kondisi ini dapat menyebabkan gejala gout atau nyeri sendi, bahkan dapat membentuk batu ginjal. Apa faktor risiko penyebab asam urat? Bagaimana mencegahnya? Simak penjelasan lengkapnya pada pembahasan berikut ini.

Faktor Risiko Penyebab Asam Urat, Apa Saja?

Setiap penyakit yang kita derita tentu mempunyai sebab tertentu. Bisa dari makanan yang dikonsumsi dan dapat juga berasal dari penyebaran atau penularan wabah penyakit. Berlaku pun pada asam urat tinggi yang seringkali disebabkan sebab pola santap yang tidak sehat dan kurangnya aktifitasa olahraga. Namun apakah yang mengakibatkan hal ini bisa terjadi?

Kurang cairan | www.propolisdiamond.id

Kurang cairan

Normalnya tubuh membutuhkan  lebih dari 8 gelas air mineral masing-masing harinya untuk mengisi setiap keperluan tubuh. Lalu, apa hubungannya dengan asam urat? Pada permasalahan asam urat ini, dimana zat purin yang berlebihan bakal dihancurkan oleh ginjal yang sangat memerlukan cairan dalam fungsinya. Sehingga dengan terpenuhinya kebutuhan cairan tubuh. Fungsi ginjal akan bekerja lebih maksimal dalam proses menghancurkan asam urat khususnya.

Malas olahraga

Bagi mereka yang jarang olahraga, cenderung memiliki berbagai risiko masalah kesehatan. Salah satunya asam urat. Minimalnya, lakukanlah olahraga 2-3 kali setiap minggunya. Tubuh akan lebih sehat dan proses penghancuran asam urat pun akan lebih maksimal.

Menu makan yang salah | www,propolisdiamond.id

Menu makan yang salah

Apabila Anda memiliki tingkat asam urat yang tinggi, pasti disarankan untuk menghindari makanan dengan kandungan purin tinggi. Memang, salah satu kunci dalam menurunkan kadar asam urat dalam tubuh itu dengan menjaga menu makan yang tidak mengandung kandungan purin didalamnya. Atau setidaknya dikurangi porsi konsumsinya.

Baca juga: Makanan Penyebab Asam Urat Yang Memicu Nyeri

Apakah Asam Urat itu Bisa Dicegah?

Pertanyaannya bukan apakah, tetapi maukah seseorang yang memiliki tingkat asam urat tinggi mengikuti saran-saran berikut ini.

Menjaga gaya hidup sehat

Jika sebelumnya gaya hidup Anda dinilai kurang sehat, sekaranglah saatnya untuk merubah gaya hidup Anda. Meliputi perubahan pola makan dengan menghindari makanan dengan kandungan purin yang tinggi. Jangan tinggalkan olahraga, meski hanya olahraga ringan. Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air minimal 8-10 gelas per hari.

Menjaga gaya hidup sehat | www.propolisdiamond.id

Istirahat yang cukup

Kebiasaan begadang dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan kekuatan ekstra yang akhirnya menimbulkan kelelahan. Dalam proses penghancuran zat purin. Tubuh membutuhkan tenaga yang jika dipakai untuk begadang. Maka, proses penghancuran zat purin menjadi tidak maksimal. Sehingga akan terjadi pengendapan purin pada persendian yang memicu asam urat.

Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk mengikuti kami juga di sosial media dan terus kunjungi website kami “www.propolisdiamond.id” untuk selalu mendapatkan informasi menarik seputar kesehatan setiap harinya. Sebagian gambar dalam artikel ini diambil dari Freepik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *