Faktor Risiko Kolesterol Yang Perlu Anda Waspadai

Faktor Risiko Kolesterol Yang Perlu Anda Waspadai | www.propolisdiamond.id

Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang banyak dikeluhkan di Indonesia. Berbahayakah penyakit ini? Benarkah dapat memicu serangan jantung? Sebenarnya apa faktor risiko kolesterol? Simak penjelasan lengkapnya dibawah ya.

Pada kadar kolesterol yang normal, zat ini dapat membantu proses pembentukan hormon tubuh dan vitamin D. Namun, apabila kadar kolesterol dalam tubuh melampaui batas normal, maka akan menyebabkan terjadinya penumpukan zat kolesterol yang menyusun plak dalam pembuluh darah. Sehingga aliran darah bakal terganggu.

Benarkah Kolesterol Dapat Memicu Serangan Jantung?

Kolesterol memang dapat menimbulkan risiko serangan jantung apabila tidak segera ditangani ketika terjadi komplikasi. Seperti serangan jantung ringan atau stroke ringan. Penyakit ini memang tidak memiliki gejala khusus. Seringkali hanya dirasakan nyeri saja. Namun, kerap diabaikan begitu saja. Sehingga sulit terdeteksi apabila kolesterol tubuh sedang tinggi.

Baca juga: Asam Urat – Gejala, Penyebab, Pengobatan

Apa Saja Faktor Risiko Penyebab Kolesterol Tinggi? | www.propolisdiamond.id

Apa Saja Faktor Risiko Penyebab Kolesterol Tinggi? 

Sebenarnya apa yang meneybabkan terjadinya peningkatan kolesterol dalam tubuh? Berikut ini adalah beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Genetik

Riwayat hidup keluarga Anda dapat memengaruhi keturunannya. Jadi lakukanlah pengecekan kadar kolesterol secara rutin apabila dalam keluarga Anda terdapat riwayat penyakit kolesterol tinggi.

Makanan kurang sehat | www.propolisdiamond.id

Makanan kurang sehat

Tinggi rendahnya kadar kolesterol juga dipengaruhi oleh makanan yang Anda konsumsi. Beberapa makanan memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Sehingga apabila terlalu mengonsumsi makanan tersebut, akan menyebabkan kolesterol tubuh meningkat.

Baca juga: Pantangan Kolesterol Yang Wajib Dihindari

Gaya hidup yang buruk | www.propolisdiamond.id

Gaya hidup yang buruk

Selain makanan yang tidak sehat. meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh juga disebabkan karena gaya hidup yang kurang sehat. Seperti jarang bergerak dan jarang olahraga. Sehingga tubuh menjadi kaku. Hal ini mempermudah proses pengendapan kolesterol.

Kecanduan rokok

Salah satu dampak buruk dari merokok terhadap kesehatan itu dapat memicu kolesterol tubuh meningkat. Baiknya, mulai sekarang berusahalah untuk berhenti dari kebiasaan merokok.

Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk mengikuti kami juga di sosial media dan terus kunjungi website kami “www.propolisdiamond.id” untuk selalu mendapatkan informasi menarik seputar kesehatan setiap harinya. Sebagian gambar dalam artikel ini diambil dari Freepik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *