Inilah Ciri Penyakit Rematik Yang Kerap Disepelekan

Rheumatoid arthritis atau yang juga dikenal sebagai penyakit rematik ini sering sekali dikeluhkan mereka yang berusia 35 tahun keatas. Meskipun tergolong kedalam jenis penyakit yang ringan. Namun, apabila tidak ditangani dengan benar. Penyakit ini bisa mengakibatkan komplikasi berupa masalah pada organ jantung. Bagaimana cara mengenali ciri penyakit rematik ini? Simak penjelasan lengkapnya pada artikel “Inilah Ciri Penyakit Rematik Yang Kerap Disepelekan” berikut ini ya.

Inilah Ciri Penyakit Rematik Yang Kerap Disepelekan | www.propolisdiamond.id

Inilah Ciri Penyakit Rematik Yang Kerap Disepelekan, Apa Saja?

Penyakit rematik terjadi akibat adanya suatu kondisi yang disebut sebagai autoimun. Yaitu suatu kondisi dimana sistem imunitas tubuh yang seharusnya melindungi tubuh, justru menyerang sel-sel sehat. Hal ini dapat terjadi pada seluruh bagian tubuh. Namun, pada sebagian besar kasus penyakit rematik sering terjadi pada area sendi, khususnya persendian tangan dan kaki. Apa sajakah gejala yang terjadi akibat kondisi ini? Berikut uraiannya.

Sendi menjadi kaku

Pada tahapan pertama, penyakit rematik akan mengakibatkan gejala kaku pada area sendi. Keparahannya bisa bervariasi bergantung kepeda tingkatan penyakitnya. Gejala ini lebih sering terjadi ketika pagi hari.

Timbulnya benjolan | www.propolisdiamond.id

Timbulnya benjolan

Selain itu, seseorang yang mengidap rematik juga akan dikenali dengan adanya tonjolan yang timbul. Biasanya terlihat pada persendian tangan dan kaki. Periksalah dengan teliti. Jangan ragu juga untuk konsultasi dengan dokter.

Nyeri sendi

Terkadang, penyakit ini juga akan mengakibatkan terjadinya nyeri sendi. Meski tidak pada tingkatan yang parah. Namun, pada sebagian kasus bisa mengakibatkan penderitanya kesulitan ketika bergerak.

Baca juga: 5 Makanan Pantangan Rematik Yang Harus Dihindari

Bagaimana Cara Mengatasinya? | www.propolisdiamond.id

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Sebenarnya, hingga saat ini masih belum ada pengobatan yang bisa benar-benar total menyembuhkan penyakit rematik. Namun, ada cara yang dapat dilakukan dengan tujuan mereda penyakit rematik. Sehingga risiko terjadinya komplikasi bisa diminalisir. Bagaimana cara mengatasi rematik? Berikut penjelasannya.

Maksimalkan waktu istirahat

Pada saat tertidur, tubuh akan memaksimalkan seluruh fokus energinya ke dalam proses pemulihan tubuh. Termasuk didalamnya memperbaiki sel yang rusak, membuang kelebihan zat, memulihkan energi dan lainnya. Dengan memaksimalkan jam istirahat, akan mempercepat proses pemulihan penyakit rematik yang diderita.

Olahraga teratur

Jadikanlah olahraga sebagai kebutuhan, sebab seseorang yang jarang olahraga berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan. Salah satunya penyakit rematik ini.

Propolis New Zaeland | www.propolisdiamond.id

Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk mengikuti kami juga di Instagram, Facebook, Youtube, dan terus kunjungi website kami “www.propolisdiamond.id” untuk selalu mendapatkan informasi menarik seputar kesehatan setiap harinya. Sebagian gambar dalam artikel ini diambil dari Freepik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *