Kenali Perbedaan Asam Urat Dengan Rematik, Penyebab Nyeri Sendi

Persendian terasa kaku, susah digerakan, dan juga terkadang terasa nyeri? Jangan-jangan ini penyakit rematik? Memang penyakit rematik dapat mengakibatkan gejala nyeri sendi. Namun, penyakit asam urat juga dapat menyebabkan gejala yang sama. Sebenarnya apa perbeadaan rematik dan asam urat? Simak penjelasan lengkapnya pada artikel “Kenali Perbedaan Asam Urat Dengan Rematik, Penyebab Gejala Nyeri Sendi” berikut ini ya.

Kenali Perbedaan Asam Urat Dengan Rematik, Penyebab Nyeri Sendi

Definisi Asam Urat & Rematik

Asam urat merupakan penyakit yang disebabkan oleh penumpukan purin pada sendi-sendi tubuh. Purin sendiri didapatkan tubuh dari konsumsi makanan seperti daging, jeroan, telur, bayam, daun singkong, brokoli, ikan laut, udang, dan lainnya.

Zat purin bagi tubuh akan dimanfaatkan untuk proses metabolisme tubuh. Namun, jika jumlahnya melebihi kebutuhan tubuh. Maka, akan mengakibatkan terjadinya masalah. Salah satunya adalah penyakit asam urat.

Baca juga: 5 Gejala Asam Urat Dan Pencegahannya

Kenali Perbedaan Asam Urat Dan Rematik Melalui Penyebabnya!

Sedangkan rematik merupakan suatu kondisi dimana sistem metabolisme tubuh yang seharusnya melindungi tubuh, justru menyerang sel-sel sehat. Penyakit ini juga dikenal dengan istilah autoimun.

Pada dasarnya, penyakit rematik dapat terjadi pada seluruh area tubuh. Namun, seringnya menyerang pada bagian persendian tubuh. Khususnya sendi tangan dan sendi kaki.

Kenali Perbedaan Asam Urat Dan Rematik Melalui Penyebabnya!

Meskipun memiliki gejala yang sama, yaitu nyeri sendi, pembengkakan sendi, sering kesemutan (kebas), sendi kaku, dan lainnya. Namun, penyebab terjadinya asam urat & rematik jauh berbeda.

Apa saja penyebab asam urat?

  • Konsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi, seperti jeroan, daging-dagingan, makanan olahan laut, kacang-kacangan, tempe, tahu, bayam, daun singkong, seledri, brokoli, kangkung, telur, dan lainnya.
  • Jarang olahraga dan malas bergerak.
  • Tubuh sering mengalami dehidrasi, sehingga proses penghancuran kristal asam urat oleh organ ginjal tidak bekerja secara maksimal.

Apa saja penyebab rematik?

Berbeda dengan asam urat, sebenarnya penyakit rematik tidak memiliki penyebab khusus. Sampai saat ini belum diketahui apa yang menyebabkan sistem imunitas tubuh menyerang sel-sel sehat. Namun terdapat beberapa faktor  yang mungkin dapat meningkatkan risiko memiliki penyakit rematik.

  • Faktor genetik atau ada riwayat penyakit rematik dalam keluarganya.
  • Seorang perokok aktif maupun pasif.
  • Memiliki berat badan berlebih.
  • Jenis kelamin, penyakit rematik lebih sering dialami oleh kaum wanita.

Baca juga: Cara Mencegah Penyakit Rematik Ampuh Efektif

Bagaimana Cara Mengobati Asam Urat & Rematik? Apakah Caranya Sama?

Bagaimana Cara Mengobati Asam Urat & Rematik? Apakah Caranya Sama?

Setelah kita mengetahui apa saja hal yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit rematik dan asam urat. Selanjutnya kita juga harus tahu apa saja cara yang perlu dilakukan untuk mengobati penyakit asam urat dan rematik.

Merubah gaya hidup sehat merupakan dasar penting untuk mengobati segala macam penyakit. Khususnya pada penderita asam urat dan rematik. Tubuh yang sehat akan mempecepat proses peregenerasian sel-sel tubuh yang rusak. Dengan begitu, penyakit asam urat dan rematik yang diderita akan segera membaik secara perlahan.

Ikuti juga update konten kami di Instagram, & Facebook ya

Semoga bermanfaat. Salam sehat, salam propolis. Ayo biasakan minum propolis setiap hari. Keluarga sehat pasti minum propolis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *