Penyebab Insomnia Pada Remaja Yang Sering Disepelekan

Pada masa remaja, biasanya otak akan sangat aktif terlebih lagi di malam hari. Sehingga didapati hampir setiap anak memiliki kebiasaan begadang di malam hari. Jika terus terjadi, kondisi ini akan memicu timbulnya penyakit insomnia. Sebenarnya ada banyak lagi faktor penyebab insomnia pada usia remaja. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Penyebab Insomnia Pada Remaja Yang Sering Disepelekan

Gejala Insomnia, Apa Saja?

Seorang yang mengidap insomnia akan mengalami masalah dengan tidurnya. Adapun diantara gejala dari penyakit insomnia adalah sebagai berikut ini.

Badan terasa lelah

Meskipun sudah tidur cukup, badan akan tetap terasa lelah. Sehingga kurang energik untuk menjalani hari. Hal ini dikarenakan kualitas tidur yang buruk. Sering terbangun dimalam hari, dan banyak bermimpi merupakan penyebabnya.

Sulit untuk tertidur

Selain sering terbangun di malam hari, penderita insomnia juga sangat sulit sekali untuk memulai tidur. Gejala ini sering membuat stres penderitanya. Bukannya tidur yang didapat, tapi perasaan jengkel karena mata tidak mau terpejam.

Baca juga: Cara Mudah Obati Insomnia, Tidak Perlu Obat Tidur

Apa Penyebab Seseorang Mengidap Penyakit Insomnia?

Apa Penyebab Seseorang Mengidap Penyakit Insomnia?

Insomnia bukanlah termasuk kedalam jenis penyakit menular. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh tekanan emosional dan karena gaya hidup yang kurang sehat. Apa sajakah penyebabnya? Berikut uraiannya.

Banyak pikiran

Pada masa remaja, memang beban pikiran atau tekanan emosional yang ditanggung lebih sedikit jika dibandingkan dengan orang dewasa. Seperti masalah ekonomi, keuangan, masalah pekerjaan, masalah keluarga, dan lain-lain. Namun, anak remaja juga bisa mengalami tekanan yang sama. Tekanan emosinal tersebut bisa timbul dari adanya masalah dengan orang tua, permasalah dalam berkawam, ketidakmampuan anak untuk berkembang, dan masih banyak lagi.

Banyak pikiran

Tekanan emosional akan menimbulkan stres bahkan sampai depresi berat. Tidak jarang juga dapat berujung pada percobaan bunuh diri. Hal ini juga memicu terjadinya penyakit insomnia. Apabila dibiarkan, penyakitnya bisa bertambah parah.

Lingkungan tidur yang tidak nyaman

Selain itu, faktor lain yang juga dapat mengakibatkan seseorang mengalami masalah saat tidur adalah kondisi lingkungan yang kurang nyaman. Seperti suara lalu lintas kendaraan, suhu yang panas atau terlalu dingin, dan bantal atau kasur yang kurang sesuai dengan kenyamanan juga bisa menjadi penyebabnya.

Baca juga: 5 Gejala Rematik Yang Harus Diwaspadai

Obat Insomnia

Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk mengikuti kami juga di Instagram, Facebook, Youtube, dan terus kunjungi website kami “www.propolisdiamond.id” untuk selalu mendapatkan informasi menarik seputar kesehatan setiap harinya. Sebagian gambar dalam artikel ini diambil dari Freepik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *