Sakit Maag Kambuh? Bukan Obat Solusinya, Cukup Lakukan Cara Ini

Saat sakit maag kambuh, obat-obatan biasanya menjadi solusi instan untuk meredanya. Namun, obat efek samping yang terkadang dapat membahayakan tubuh ketika dikonsumsi. Apalagi jenis obat yang dijual bebas. Sebab, obat-obatan tersebut dibuat dari bahan-bahan kimia yang dapat bereaksi pada tubuh. Sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi secara terus menerus.

Sakit Maag Kambuh? Bukan Obat Solusinya, Cukup Lakukan Cara Ini

Sebenarnya maag itu bukanlah sebuah penyakit tersendiri. Melainkan suatu gejala yang berkaitan dengan masalah pada lambung. Seperti radang lambung, asam lambung, dan lainnya. Ketika maag kambuh, maka akan mengakibatkan gejala nyeri pada ulu hati, perut kembung, perasaan mual, dan lainnya. Ada banyak pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala maag. Salah satunya dengan mengonsumsi obat-obatan

Baca juga: Asam Lambung – Gejala, Penyebab, Pengobatan

Penyakit maag atau yang juga biasa disebut dispepsia ini bisa terjadi pada siapapun. Tidak memandang pria atau wanita. Namun, ada beberapa faktor tertentu yang dapat meningkatkan risiko mengalami gejala maag. Apa saja faktor penyebab maag kambuh? Berikut uraiannya.

  • Konsumsi makanan tidak sehat

Lambung seseorang bisa mengalami peradangan jika terlalu banyak makan makanan seperti makanan pedas, makanan bersantan, dan makanan panas. Sehingga dapat memicu gejala maag.

  • Sering minm disela-sela waktu makan

Kebiasaan sering minum ditengah waktu makan dapat meneybabkan maag kambuh. Sebaiknya minum air pada saat sebelum dan sesudah makan saja. Sebab, jika dilakukan ditengah waktu makan dapat mengencerkan asam lambung yang membuat makanan sulit dicerna.

Sakit Maag Kambuh? Bukan Obat Solusinya, Cukup Lakukan Cara Ini

Sakit Maag Kambuh? Bukan Obat Solusinya, Cukup Lakukan Cara Ini

Obat-obatan yang diresepkan dokter memang efektif dalam mengatasi keluhan penyakit maag. Namun, terus-terusan mengonsumsi obat dokter juga bisa berdampak pada kesehatan jangka panjang tubuh. Apalagi obat yang bersifat adiktif.

Ikuti update konten video kami di Youtube

Pada umumnya, penyakit maag sebenarnya akan mereda dalam beberapa saat dengan mengistirahatkan tubuh. Akan tetapi pada kondisi maag yang sudah kronis, ternyata bisa menimbulkan komplikasi berupa peradangan serius pada dinding lambung, bisa melukai dinding lambung, dan juga dapat memicu terjadinya kanker lambung. Adapun cara untuk mencegah dan mengobati gejala maag adalah sebagai berikut.

  • Memperbaiki pola makan

Sehat atau tidaknya seseorang sangat dipengaruhi oleh pola makannya. Khususnya pada jenis makanan yang dikonsumsi. Sering konsumsi sajian makanan pedas, makanan cepat saji, makanan berlemak tinggi, dan minuman bersoda bisa memicu maag kambuh. Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya maag bisa dengan mengimbangi jenis makanan yang dikonsumsi. Cobalah untuk makan makanan yang kaya akan serat. Seperti gandum, sayur-sayuran, dan buah-buahan.

  • Hindari kebiasaan merokok

Jangan sekali-kali mencoba rokok. Selain dapat mengakibatkan maag kambuh. Seorang perokok juga berisiko mengalami masalah kesehatan yang lain. Seperti penyakit jantung, masalah pada paru-paru, meningkatkan kolesterol tinggi, menghambat proses regenerasi sel tubuh, dan lainnya.

Istirahat & olahraga

  • Istirahat & olahraga

Tidak kalah penting, istirahat yang cukup juga akan membantu proses pemulihan dari penyakit maag. Sedangkan olahraga akan menjadikan tubuh lebih sehat. Sehingga risiko terjadinya penyakit maag menjadi lebih kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *