Tanda & Gejala Insomnia, Gangguan Tidur Jangan Dianggap Remeh

Sudah mencoba memejamkan mata tapi tetap tidak mau tidur juga? Apa benar ini gejala insomnia? Adanya gangguan tidur bisa disebabkan oleh banyak hal. Seseorang yang mengalaminya bisa dikatakan mengidap insomnia dengan mengenali tanda & gejalanya. Apa sajakah itu? Berikut penjelasan lengkapnya pada artikel “Tanda & Gejala Insomnia, Jangan Dianggap Remeh” berikut ini ya.

Tanda & Gejala Insomnia, Gangguan Tidur Jangan Dianggap Remeh

Tanda & Gejala Insomnia, Apa Saja?

Penyakit insomnia terbagi menjadi dua, ada insomnia akut dan insomnia kronis. Perbedaannya terletak pada keparahan gejalanya. Pada insomnia akut biasanya gejala insomnia hanya terjadi sesekali saja. Namun jika sudah pada tingkatan kronis, gejalanya hampir dirasakan setiap malam. Adapaun tanda & gejalanya antara lain.

  • Tidur cukup tapi tetap merasa lelah

Salah satu tanda bahwa kualitas tidur Anda kurang maksimal adalah bisa dikenali ketika Anda sudah tidur cukup, tapi tubuh masih terasa lelah. Sehingga pada pagi hari, Anda merasa kurang energik dalam menjalankan aktivitas.

  • Sering bermimpi

Setiap orang pasti pernah mengalami pengalaman bermimpi. Entah bermimpi yang baik atau bermimpi yang buruk. Namun ternyata seseorang yang sering bermimpi ketika tidur menandakan kualitas tidur yang kurang baik. Mengapa demikian? Pada saat tertidur, tubuh akan memfokuskan seluruh energinya untuk proses pemulihan diri. Sehingga tubuh menjadi sangat rileks. Namun ketika seseorang bermimpi, tidak jarang tubuh menjadi tegang. Sehingga mengganggu proses pemulihan tubuh.

  • Emosi tidak stabil

Selain memengaruhi fisik seseorang, penyakit insomnia juga dapat mengakibatkan emosi seseorang menjadi tidak stabil. Terlebih lagi jika sudah pada tingkatan kronis, terkadang bisa menimbulkan adanya dorongan untuk mengonsumsi narkoba sampai bunuh diri.

Baca juga: 4 Bahaya Penyakit Insomnia Yang Tak Boleh Diabaikan

Penyebab Insomnia, Apa Saja?

Penyebab Insomnia, Apa Saja?

Setiap tahunnya, penderita insomnia semakin meningkat. Jika dipersentasekan, 10% dari penduduk Indonesia memiliki keluhan insomnia. Sebenarnya apa penyebabnya?

  • Sering tidur larut malam

Kebiasaan begadang memang sudah menjadi gaya hidup anak muda jaman sekarang. Oleh karena itu, tak jarang penderita insomnia diderita oleh kalangan muda.

  • Stres & depresi

Insomnia bisa dipicu oleh stres & depresi. Seseorang dengan beban pikiran yang berat sangat mungkin memiliki masalah gangguan tidur.

Kunjungi kami juga di Instagram Facebook

Stres & depresi

Lamanya waktu tidur memang bukanlah satu-satunya penentu baik atau buruknya kualitas tidur Anda. Tetapi, minimalnya tubuh membutuhkan jatah tidur antara enam jam sampai delapan jam. Sebaiknya tidak kurang dari enam jam dan tidak lebih dari delapan jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *