Tekanan Darah Tinggi – Penyebab, Gejala, Komplikasi

Hipertensi atau yang biasa dikenal dengan penyakit tekanan darah tinggi merupakan kondisi dimana tekanan darah berada diatas 120/80 mmHg. Penyakit ini tergolong kedalam jenis penyakit kronis. Sebab dapat mengakibatkan terjadinya risiko serangan jantung dan stroke.

Tekanan Darah Tinggi - Penyebab, Gejala, Komplikasi

Penyebab Tekanan Darah Tinggi, Apa Saja?

Baik pria maupun wanita, keduanya sama-sama berisiko mengalami penyakit ini. Khususnya bagi mereka yang tidak menerapkan gaya hidup sehat. Apa sajakah faktor risiko penyebab meningkatnya tekanan darah? Berikut penjelasannya.

Berat badan berlebih

Seseorang dengan berat badan berlebihan memiliki risiko tinggi memiliki tekanan darah yang tinggi. Lemak yang mengendap pada pembuluh darah akan mengakibatkan meningkatnya tekanan darah. Jika dibiarkan, tekanan darah akan semakin meningkat seiring waktu.

Merokok

Kebiasaan merokok juga akan mempersempit dinding pembuluh darah. Sehingga tekanan darah akan semakin meningkat seiring waktu.

Apa Saja Gejalanya?

Apa Saja Gejalanya?

Umumnya, penyakit hipertensi tidak memiliki gejala khusus. Hal ini juga yang menjadikannya tergolong kedalam jenis penyakit yang berbahaya dan perlu diwaspadai. Namun, pada sebagian besar kasus penyakit ini biasanya ditandai dengan gejala yang mungkin terjadi seperti sebagai berikut ini.

Badan terasa lemas

Tubuh penderita penyakit tekanan darah tinggi akan cepat lemas. Hal ini dikarenakan tidak lancarnya peredaran darah. Sehingga pendistribusian energi kepada tiap sel-sel tubuh tidak berjalan maksimal.

Pusing & sakit kepala

Selain itu, penyakit ini juga akan mengakibatkan gejala pusing dan sakit kepala. Tingkat keparahannya bisa berbeda pada setiap orang. Pada kondisi ini, sebaiknya coba minum obat pereda sakit kepala. Pastikan obat yang akan dikonsumsi tidak akan menyebabkan efek samping bagi tubuh.

Baca juga: Cara Obati Hipertensi Dengan Propolis Diamond

Komplikasi Akibat Tekanan Darah Tinggi, Apa Saja?

Komplikasi Akibat Tekanan Darah Tinggi, Apa Saja?

Hipertensi masuk kedalam deretan penyakit yang dapat mengakibatkan kematian. Oleh karena itu, penyakit ini tidak dapat disepelekan. Walau memang tidak adanya gejala khusus yang akan dialami penderitanya. Sebaiknya rutin-rutinklah mengecek tekanan darah Anda setiap dua kali dalam satu bulan. Komplikasi apa sajakah yang terjadi akibat tekanan darah tinggi? Berikut ini penjabarannya.

Serangan jantung

Tingginya tekanan darah akan memicu terjadinya serangan jantung. Sumbatan yang terbentuk pada pembuluh darah akan jantung memompa darah lebih keras. Jika dibiarkan, kondisi ini akan mengakibatkan masalah pada kesehatan jantung.

Stroke

Penyakit stroke terjadi apabila suplai darah atau oksigen ke otak terganggu. Tingginya tekanan darah bisa menyebabkan adanya masalah terhambatnya peredaran darah ke otak. Sehingga jika dibiarkan bisa memicu terjadinya stroke.

Propolis New Zaeland

Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk mengikuti kami juga di Instagram, Facebook, Youtube, dan terus kunjungi website kami “www.propolisdiamond.id” untuk selalu mendapatkan informasi menarik seputar kesehatan setiap harinya. Sebagian gambar dalam artikel ini diambil dari Freepik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *