Waspada Gejala Kolesterol Tinggi Yang Berbahaya

Jangan pernah meremehkan kolesterol tinggi, sebab seseorang dengan kadar kolesterol yang tinggi berisiko mengalami kematian akibat serangan jantung. Biasanya meningkatnya kadar kolesterol disebabkan oleh pola makan yang kurang sehat. Sebut saja, sering makan goreng-gorengan dalam porsi yang berlebih, makan makanan pedas, makanan panas, dan lainnya. Sebenarnya apa saja faktor risiko penyebab meningkatnya kolesterol? Bagaimana cara mencegahnya? Baca penjelasan lengkapnya pada artikel “Waspada Gejala Kolesterol Tinggi Yang Berbahaya” berikut ini ya.

Waspada! Gejala Kolesterol Tinggi Yang Berbahaya

Faktor Risiko Penyebab Meningkatnya Kadar Kolesterol Tubuh, Apa Saja Ya?

Makan makanan yang digoreng bukanlah satu-satunya penyebab kadar kolesterol tubuh meningkat. Tingginya kolesterol tubuh juga dipengaruhi oleh berbagai faktor. Apa sajakah itu? Berikut uraiannya.

Jarang olahraga

Manfaat olahraga secara rutin memang sudah tidak diragukan lagi. Salah satu manfaatnya adalah dapat mencegah dan menurunkan kadar kolesterol tinggi. Meskipun begitu, masih banyak orang yang malas untuk olahraga. Padahal manfaatnya sangat baik untuk tubuh. Minimalnya, lakukanlah olahraga 2-3 kali dalam setiap pekan.

Kecanduan merokok

Selain dapat mengakibatkan banyak masalah kesehatan seperti asam urat tinggi, diabetes, hipertensi, dan penyakit lainnya. Ternayata kebiasaan merokok ini juga bisa memicu naiknya kadar kolesterol tubuh. Sehingga bisa meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke.

Baca juga: Cara Turunkan Asam Urat Tinggi Ampuh

Waspada! Gejala Kolesterol Tinggi Yang Berbahaya, Apa Saja?

Waspada Gejala Kolesterol Tinggi Yang Berbahaya, Apa Saja?

Penyakit kolesterol tinggi merupakan jenis penyakit yang tidak memiliki gejala khusus. Oleh karena itu, pada sebagian besar kasus penyakit ini, penderitanya baru menyadari tingginya kadar kolesterol tubuh ketika sudah terjadi komplikasi. Meskipun begitu, terkadang seseorang yang memiliki kolesterol tinggi mungkin mengalami gejala-gejala berikut ini.

Rasa sakit pada area dada

Ketika tumpukan lemak kolesterol sudah menghambat aliran darah. Gejala yang mungkin terjadi adalah akan muncul rasa nyeri pada area dada sekitar jantung. Tingkat keparahannya bisa berbeda pada setiap orang.

Cepat lelah

Tubuh penderita kolesterol tinggi juga akan cepat sekali lelah. Walau sedang tidak melakukan aktivitas yang berat. Hal ini terjadi akibat tidak lancarnya peredaran darah. Sehingga akan menghambat pendistribusian berbagai senyawa yang dibutuhkan tubuh. Seperti oksigen, energi, dan cairan.

Baca juga: 5 Makanan Pantangan Kolesterol Yang Perlu Dihindari

Obat Kolesterol

Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk mengikuti kami juga di Instagram, Facebook, Youtube, dan terus kunjungi website kami “www.propolisdiamond.id” untuk selalu mendapatkan informasi menarik seputar kesehatan setiap harinya. Sebagian gambar dalam artikel ini diambil dari Freepik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *